Minggu, 10 Oktober 2010

Sejarah Freemason (Knights of Templar)


            Pada postingan sebelumnya tentang Illuminati, saya membahas bahwa aliran illuminati menumpang pada organisasi freemason. Dan kali ini saya akan menerangkan sejarah terbentuknya freemason, dimana akarnya dan awal perjalanan dari ordo ini.
Kesatria Templar
Freemason sebernarnya berakar pada kesatria templar, kesatria Templar atau Knight of Templar, adalah sebuah ordo yang dibentuk pada tahun1118 atau dua puluh tahun setelah tentara salib merebut Yarusalem. Templar sendiri maksudnya adalah para tentara miskin pengikut Yesus dan Kuil Sulaiman. Pendiri ordo ini adalah dua ksatria Prancis, Hugh de Payens dan Godfrey de St. Omer. Berawal dari sembilan anggota, ordo ini terus berkembang. Nama kuil Sulaiman dipakai karena mereka membangun basis di gunung kuil, yakni lokasi reruntuhan kuil tersebut. Di sini pula berdiri Dome of the Rock (Qubah As-Sakhrah) .
            Meskipun berembel-embel “tentara miskin” nyata-nyatanya setelah mereka merebut Yarusalem mereka makin makmur. Hal ini terjadi karena merekalah yang mengontrol semua peziarah yang dating ke Yarusalem dan kaya dari uang para peziarah tersebut. Bahkan mereka menerapkan sistem cek dan kredit seperti yang ada pada sebuah bank. Dan menurut penulis
Inggris, Michael Baigent dan Richard Leigh, mereka membangun kapitalisme abad pertengahan dan sistem perbankan modern berbasis bunga.
            Pada tahun 1187, pemimpin pejuang muslim Saladin, berhasil membebaskan kota Yarusalem dari cengkraman kesatria salib khususnya para Templar dan menghukum mati kebanyakan dari mereka. Hal ini dilakukan karena pembantaian terhadap sekitar 40.000 umat Muslim dan bahkan umat Yahudi pun mereka habisi saat mereka merebut Yarusalem pada 1099 , dan bertanggung jawab atas banyak pembantaian di tahun-tahun kekuasaan mereka.
            Saladin memang melepaskan dan mengampuni banyak sekali umat Nasrani dan membiarkan mereka yang ingin tetap berada di Yarusalem, gambaran visualisasinya ada pada film “Kingdom of Heaven”, sedangkan para Templar dihukum mati karena kekejaman yang mereka lakukan.
Saladin dalam film "Kingdom of Heaven"
            Meskipun jumlah umat Nasrani semakin menyusut dan semakin berkurangnya para Templar akibat kejadian itu, para Templar berusaha memindahkan cengkramannya di benua Eropa. Kekuasaan politik mereka semakin menyudutkan raja-raja Eropa dan mengganggu kalangan kependetaan.
            Tindakan mereka semakin menyeleweng dari ajaran Nasrani, sebenarnya sejak para Templar berada di Yarusalem sudah tersebar rumor bahwa mereka menyeleweng dan melakukan doktrin-doktrin baru serta ritus-ritus untuk menguatkan doktrin mistik mereka yang asing, membuat Raja Prancis Philip le Bel memutuskan untuk menangkap anggota anggota ordo ini. Sebagiannya berhasil melarikan diri tetapi kebanyakan mereka tertangkap. Paus Clement V juga bergabung dalam pembersihan ini, pada tahun 1307.
            Dan dalam interogasi mereka menolak untuk mengimani dan malah menghina Yesus pada misa-misa mereka, begitu yang mereka akui dalam interogasi mereka. Akhirnya, para pemimpin Templar, yang dinamai “ImamBesar (Grand Master)”, mulai dari yang terpenting dari mereka, Jacques de Molay, dihukum mati pada tahun 1314 atas perintah Gereja dan Raja. Kebanyakan mereka dijebloskan ke dalam penjara, dan ordo tersebut tumpas dan secara resmi menghilang.
Robert The Bruce
            Meskipun telah dibubarkan, sebagian dari mereka yang berhasil lolos melarikan diri ke satu-satunya negara yang tidak mengakui kekuasaan Gereja saat itu, Skotlandia, dan medapat perlindungan dari Raja Skotlandia, Robert the Bruce (familiar dengan nama ini? lihat film "Braveheart"). Disana mereka menyusup di guild (serikat pekerja) dan lodge (pemondokan) tukang batu dan mengembangkan doktrin mereka disana.
Di awal era modern, lodge tukang batu ini berubah menjadi lodge “masonik”. Ritus Skot inilah cabang tertua dari Masonik yang berawal pada abad ke empat belas, dari para Templar yang berlindung di Skotlandia. Dan, nama-nama yang diberikan kepada tingkat tertinggi dalam Ritus Skot adalah gelar-gelar yang diberikan kepada para ksatria dalam ordo Templar berabad-abad sebelumnya.
            Saya rasa cukup sekian sejarah awal berdirinya Freemason, dan akan dilanjutkan dengan postingan tentang perkembangan freemasonry. Jadi, tunggu postingan berikutnya ya.

sumber : google, wikipedia, ebook : Ancaman Global Freemansonry by Harun Yahya, ebook : What is Feemasonry by Greg Stewart

4 komentar:

  1. TEmplate nya terlalu berat..!!

    BalasHapus
  2. Sebagai tambahan dan ralat aja, gan... Para Templar sama sekali tidak menyimpang dari ajaran Nasrani...mereka dipaksa dan dalam tekanan dan siksaan berat untuk mengatakan bahwa mereka sudah menyimpang dari ajaran Nasrani...fitnah yang ditujukan kepada para Templar antara lain mengencingi salib, sodomi, menyembah Baphomet, dll...Baphomet sendiri adalah dewa Mesir simbol kesuburan dan kemakmuran (sedangkan gereja menyebut Baphomet sebagai iblis)...Sementara, Jaques de Molay dihukum mati karena menolak mengakui semua "kejahatan" itu...karena memang, sesungguhnya para Templar tidak melakukan semua itu...sebagai tambahan info, agan boleh baca Da Vinci Code, kemudian The Templar Revelations serta game Assassin's Creed (saya sendiri fans berat game ini...hehehe)...Maaf kalau saya ada salah2 kata...terima kasih...

    BalasHapus
  3. anonim : yah, banyak yang masi pro dan kontra sih. emang di da vinci code menceritakan justru versi kebalikan dari post saya. soal maria magdalena yes? :D

    yap, semua masukan, kritik, dan saran. ane tampung kok, kan pendapat orang emang beda beda. thanks :D

    BalasHapus
  4. ane masih salut aja ni ma Templar...
    bsk2 kudu bikin posternya Knight of Templar nih buat dipajang dikamar..

    BalasHapus

mohon kritik dan sarannya yah.
tapi ditulis dengan bahasa yang sopan.
regards, aurora