Sabtu, 04 September 2010

Aurora

Ask : Kenapa blog ini dinamai Aurora?
Question : Karena penulis suka pada fenomena  Aurora.
Ask : Sebenarnya apa arti Aurora itu sendiri?

Aurora Borealis
Aurora adalah sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan yang hanya terjadi pada kutub Utara dan Selatan bumi ini. Aurora berasal dari interaksi antara medan magnetik yang dimiliki sebuah planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Pancaran cahayanya menyala-nyala pada lapisan Iosfer planet ini.

Nama Aurora sendiri berasal dari nama seorang Dewi Fajar Roma. Adapun nama untuk Aurora di kutub utara adalah Aurora Borealis. Borealis berasal dari Boreas, nama Yunani untuk angin Utara. Nama ini diberikan karena pada benua Eropa, Aurora di kutub Utara terlihat seperti cahaya matahari terbit. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April.

Aurora Australis
Sedangkan untuk Aurora di kutub Selatan, dinamakan Aurora Australis, yang memiliki sifat yang sama seperti Aurora Borealis. Terkadang Aurora juga muncul di puncak gunung tinggi di daerah tropis.

sumber : Wikipedia, Space Station Kids

4 komentar:

  1. Aurora, salah satu fenomena langit paling indah di dunia. Mengenai alasan kenapa aurora hanya bisa ditemui di kutub, itu juga ada hubungannya dengan konsep pelindung medan magnet bumi yg berpusat di kutub utara & selatan. Ketika radiasi matahari mengenai bumi, radiasinya dibelokkan oleh perisai medan magnet bumi. Namun sebagian dari radiasi tersebut juga ada yg sampai ke bagian kutub bumi & muncul sebagai aurora. Karena pada dasarnya merupakan radiasi yg mengganggu, kemunculan aurora kadang diikuti dengan gangguan alat-alat komunikasi elektronik setempat

    Btw, saya sudah memasang link blog anda. Trims ya sudah berkunjung

    BalasHapus
  2. terima kasih atas info tambahanya mas Tawon. hehehe ^^

    BalasHapus
  3. subhanallah...indah bnget auroranya.....

    BalasHapus

mohon kritik dan sarannya yah.
tapi ditulis dengan bahasa yang sopan.
regards, aurora